July 15, 2024

MAMI Bangun Sarana Air Bersih di Kabupaten Bogor

0

JAKARTA – PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) menyalurkan dana purifikasi sebesar Rp 74,4 juta melalui Lembaga Manajemen Infaq (LMI) untuk pembangunan sarana air bersih di Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pada acara peresmian tersebut, hadir Direktur MAMI Ezra Nazula dan Direktur Pendayagunaan LMI Citra Widuri.

Direktur MAMI Ezra Nazula mengatakan, air bersih merupakan sumber daya alam (SDA) yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kebutuhan mendasar ini tidak bisa selalu terpenuhi bagi sebagian Masyarakat. Terutama saat musim kemarau panjang atau saat curah hujan di bawah normal.

“Sebagai salah satu perusahaan manajer investasi terbesar di Indonesia, kami sangat peduli pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kali ini, kami bergerak menyalurkan dana purifikasi reksa dana syariah MAMI untuk membantu warga Desa Cijeruk,” kata Ezra, Selasa (28/11/2023).

Menurut Ezra, dengan selesainya pembangunan sumur bor tersebut, pihaknya berharap warga Desa Cijeruk dan sekitarnya bisa menikmati air bersih di sepanjang musim. Selain itu, juga memiliki kualitas hidup yang lebih baik, lebih sehat, dan menjadi lebih Sejahtera.

Sementara itu, Direktur Pendayagunaan LMI Citra Widuri mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada MAMI yang sudah bekerja sama dan memberikan bantuan nyata pada warga yang membutuhkan.

“Alhamdulillah, saat ini warga tidak lagi khawatir akan ketersediaan air bersih. Mereka bisa menggunakan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Semoga bisa menjadi amal jariyah bagi MAMI,” imbuh Citra.

Seperti diketahui, Desa Cijeruk merupakan daerah pemukiman penduduk yang berada di dataran yang cukup tinggi. Akibatnya, sumur gali yang dibangun warga tidak mampu mengalirkan air di saat musim kemarau. Selama ini, warga desa tersebut bergantung pada air sungai dari puncak Gunung Cisalak untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Seperti MCK (mandi, cuci, kakus) dan pengairan pertanian.

Adapun untuk masak dan minum, warga harus membeli air isi ulang. Jika kemarau tiba, aliran air sungai sangat kecil, sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan 126 kepala keluarga (KK) yang berada di sekitar sarana air bersih yang dibangun. Jika musim hujan tiba, air sungai mengalir deras namun keruh dan tidak layak untuk kebutuhan MCK.

Saat acara peresmian sumur bor, Kepala Desa Cijeruk Asep Saepul Rohman mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang sudah diberikan.

“Mewakili warga Desa Cijeruk, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada MAMI dan LMI yang sudah memberikan bantuan sarana air bersih berupa sumur bor untuk warga desa kami, Desa Cijeruk,” imbuh Asep.

Saat ini, MAMI mengelola tujuh reksa dana syariah dan secara rutin menyalurkan dana purifikasi reksa dana syariah kelolaannya. Sejak 2016 sampai 2023, MAMI sudah menyalurkan dana purifikasi sejumlah lebih dari Rp 2,6 miliar untuk program pembangunan/renovasi infrastruktur dan fasilitas umum di berbagai wilayah Indonesia.

Kali ini, dana purifikasi dari tiga reksa dana syariah MAMI. Yakni, Manulife Syariah Sektoral Amanah, Manulife Syariah Sukuk Indonesia, dan Manulife Dana Kas Syariah disalurkan untuk pembangunan sarana air bersih di Desa Cijeruk.(****)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *